KELINCI PERKELINCIAN RABBIT RABBITRY

Enteritis

Penyakit Enteritis (Kembung/Scour) Kelinci.

Kelinci yang terkena memiliki gejala antara lain : posisi badan kelinci membungkuk, telinga  kelinci rebah kebadan, mata kelinci sayu dan sipit, muka kelinci tampak mengecil, tubuh kelinci nampak kurus, terdengar bunyi  gemeretek pada gigi kelinci, kelinci menunjukan rasa haus yaitu selalu dekat dengan air dan kalau tempat minum kelinci dari mangkok semen atau batok kelapa maka kelinci merendam kaki di dalamnya. Disamping tanda itu, kelinci berak berlebihan encer berwarna gelap dengan bau yang menyengat. Ada juga yang ditandai dengan keluar lendir (seperti jelly), serta kelinci bila diangkat dan diguncang akan terdengar kaya ada air didalam rongga perut kelinci.

Kelinci remaja suka terkena gangguan usus yang disebut diare, enteritis atau scour. Gejalanya bervariasi, tanda yang paling nyata adalah hilangnya nafsu makan kelinci, bulu kelinci nampak kasar dan kusam, kelinci nampak lesu, mata kelinci sayu. Penyakit ini ada tiga jenis :

  1. Mucoid Enteritis (Enteristis yang berlendir).
  2. Hemorhagic Enteritis.
  3. Diare Enteritis.

Mucoid Enteritis Kelinci :

Kotoran kelinci berlendir (seperti jelly), bisa dilihat di lantai kandang kelinci, terdengar bunyi gemeretek pada gigi kelinci, duduk dekat tempat minum kelinci, kaki depan kelinci direndam dalam temapt minum/mangkok.

Hemorhagic Enteritis Kelinci :

Tanda yang paling umum adalah berak nampak berdarah dan tinja kelinci encer.

Diare Enteritis Kelinci :

Jenis diare enteritis ini paling sering yang terjadi pada kelinci, tandanya adalah diare berair, kadang kadang berwarna gelap dan bau yang berlangsung sampai tiga hari. Penyakit ini mirip dengan kokidiosis (koksidiosis/coccidiosis) karena gejalanya sama. Entiritis diare menyebabkan kembung dan terdengar suara seperti ada airnya didalam rongga perut kelinci bila kelinci diguncang.

Tips Untuk Enteristis :

Pencegahan adalah jalan yang terbaik, seperti sanitasi yang baik, memberi makan tepat waktu, kandang yang nyaman, air minum yang baik.


%d blogger menyukai ini: